Kiat-kiat Sukses Toko Online
Setelah
sebuah website dibuat, kemudian website tersebut di launch dan
dipromosikan, maka langkah selanjutnya adalah bagaimana menjalankan
website tersebut dalam sehari-hari nya sehingga website yang dibuat
mendatangkan hasil sesuai yang diharapkan.
Untuk sebuah website dengan konsep
sebuah website toko online, ada beberapa metoda yang bisa digunakan
untuk mencapai keberhasilan, salah satu metoda tersebut adalah C→T→P→S→D (Content , Traffic, Presales , Sales, Delivery)
Content
Adalah isi data atau informasi product
atau jasa yang Anda jual. konten ini harus di buat dengan tampilan yang
menarik dan informatif. Bisa kombinasi antara tulisan dan gambar. Bisa
juga disajikan dalam bentuk katalog produk. Hal penting lainnya dalah
konten Anda harus sering diupdate, karena kalau website Anda isinya
itu-itu saja maka pengunjung website Anda akan bosan dan malas untuk
berkunjung lagi. Walaupun produk yang Anda jual itu-itu saja, tetapi
Anda bisa mengakalinya dengan sajian konten yang berbeda-beda. Jadi
website Anda akan terkesan selalu update informasinya.
Traffic
Adalah banyaknya pengunjung ke website
Anda, makin banyak pengunjungnya disebutkan makin tinggi traffic nya.
Traffic ini menjadi salah satu indikator keberhasilan sebuah website.
Karena semakin banyaknya pengunjung website Anda maka kemungkinan
terjadi transaksi juga semakin tinggi. Anda harus selalu menjaga agar
traffic website Anda tetap tinggi dan terus meningkat setiap harinya,
cari terus cara untuk menaikan traffic ini. Hubungannya dengan konten
sudah jelas, semakin menarik konten yang Anda sajikan akan membuat
pengunjung semakin banyak, dan konten yang terus diperbaharui setiap
harinya akan menyebabkan pengunjung akan penasaran untuk datang kembali
mengunjungi website Anda.
Presales
aktivitas selanjutnya yang harus Anda
lakukan adalah, memanfaatkan dengan sebaik-baiknya kesempatan waktu
pengunjung mengunjungi website Anda, lakukanlah aktifitas presales baik
offline maupun online. Giring opini positif dari pengunjung dengan
konten yang Anda kemas dengan sedemikian rupa sehingga mereka tertarik
untuk membeli produk Anda. Sebagai tips menjual suatu produk di website
Anda jangan langsung to the point, misalnya kalau Anda menjual aneka
ragam keperluan bayi, maka sajikanlah dalam bentuk artikel yang
bercerita seputar bayi, yang ujung-ujungnya isi artikel Anda tersebut
mengarahkan pemngunjung untuk membeli produk yang Anda jual. Artikel
seperti ini sudah dikategorikan sebagai aktifitas presales. Aktifitas
presales secara online bisa dilakukan dengan mencantumkan id messanger
seperti Yahoo messanger dari team sales Anda, sehingga mereka bisa
melakukan chatting dengan para pengunjung untuk menjelaskan
produk-produk yang dijual sekaligus melakukan aktifitas presales untuk
menggiring pengunjung untuk membeli produk yang ditawarkan.
Sales
Aaktivitas sales ini harus ditangani
dengan baik, karena bisa saja pengunjung membatalkan transaksi pada
proses ini. Beri kemudahan kepada pembeli untuk proses pembayaran ,
sediakan berbagai fasilitas apakah mereka bisa membayar lewat kartu
kredit, atau transfer lewat e-banking, atau lewat paypal dan lainnya.
Dan pastikan bahwa transaksi pembayaran di website Anda dijamin
keamanannya. Berikan juga discount-discount yang menarik untuk setiap
transaksi penjualan untuk menarik pembeli lebih banyak lagi.
Delivery
ini proses terakhir dari seluruh
rangkaian proses penjualan lewat toko online Anda, tapi bukan berarti
proses ini tidak penting, malah sebaliknya. Karena proses jual beli
dilakukan secara virtual maka proses pengiriman barang yang
diperjualbelikan sangat penting. Proses pengiriman barang harus cepat,
tepat dan aman, sehingga para pembeli puas.
Penulis,
ichsan (w3indo.com)
0 Comments: