6 Trik kotor SEO yang harus Anda hindari

0 Comments

Untuk menaikan trafik atau pengunjung ke suatu website ada beberapa teknik yang bisa digunakan yang dikenal dengan istilah SEO (Search Engine Optimizer). Dengan teknik ini pengunjung yang mencari suatu informasi di search engine seperti di Google dengan kata kunci tertentu akan diarahkan ke website yang relevan. Tapi hati-hati tidak semua teknik SEO diijinkan atau ditolelir oleh Google. Berikut 6 trik yang dianggap menipu atau kotor yang tidak diijinkan oleh Google, dan seharusnya Anda hindari.

 1. Konten bohong

Isi dari kata kunci harus relevan atau menggambarkan apa yg sebenarnya website Anda tawarkan, kalau tidak Google akan menganggap ini sebagai penipuan dan list index website Anda malahan akan di hapus dari Google.

Kasus ini pernah menimpa website BMW.  Perusahaan mobil Jerman ini pernah menggunaan cara kotor ini untuk menaikan pengunjung ke website nya. Mereka membuat konten dan link dengan kata kunci ‘used cars’ atau mobil bekas. Sehingga jika ada orang mencari mobil bekas akan diarahkan ke website BMW, yang jelas-jelas BMW tidak menjual mobil bekas. Ini dianggap penipuan oleh Google sehingga konsekuensinya website BMW di coret dari index Google.

2. Membeli link dari broker

Sekarang ini banyak pihak atau broker yang menawarkan jasa menaikan trafik ke website Anda dengan cara mereka membayar orang untuk mengklik link-link ke website tertentu. Tentu saja ini dianggap penipuan oleh Google karena teknik ini merupakan manipulasi yang tidak menggambarkan pengunjung sebenarnya. Mirip dengan kasus demontrasi  bayaran yang sering terjadi di Negeri kita .

3. Membuat banyak halaman dengan isi yg sama

Teknik ini banyak digunakan dengan cara membuat internal link dengan isi konten yang masih sama, atau membuat banyak halaman web padahal isi kontennya itu-itu saja alias sama.

4. Membuat keyword ngawur

Membuat keyword asal-asalan juga tidak diijinkan, karena pastinya isinya tidak relevan dengan konten website.

5. Memancing reaksi negatif dari pengunjung

Ada juga website dengan konten yang membuat marah atau memancing protes dari pengunjung internet, dengan harapan semakin banyak yang protes maka hit trafik diwebsitenya menjadi tinggi.

6. Query otomatis

Beberapa pihak menawarkan jasa atau tools yang bisa Anda gunakan untuk mengetahui posisi Anda di search index Google, dan selanjutnya menanam script-script tertentu berupa query otomatis yang dapat menarik perhatian search engine Googe. Hal ini tidak disukai oleh Google karena dianggap melanggar peraturan mereka.

Masih banyak lagi teknik-teknik kotor lainnya yang banyak digunakan oleh pihak-pihak tertentu guna menaikan trafik suatu website. Sebaiknya Anda menghindari cara-cara tersebut. Karena mungkin saja dalam waktu tertentu trafik Anda akan naik, tapi akhirnya Google malah akan menghapus website Anda dari index Google. Jadi gunakanlah cara-cara yang benar dan baik dalam menggunakan teknik SEO sesuai tuntunan dan peraturan yang sudah ditetapkan oleh Google dan Search engine lainnya.

@ce (w3indo.com)

Muhamad Abduh

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 Comments: