Tips Menjadi Pribadi Yang Unggul

0 Comments

Di era sekarang, kemampuan beradaptasi seseorang benar-benar dibutuhkan. Seseorang harus mampu beradaptasi dengan situasi kehidupan yang begitu cepat berputar ke depan. Tanpa mampu beradaptasi dg baik, sulit bagi kita untuk menjadi seseorang yang berkwalitas. Oleh karena itu, kita dituntut untuk mampu beradaptasi dan bersaing.Kita harus menjadi seseorang yang mempunyai kwalitas dan menjadi pribadi yg unggul. Sehingga tidak menjadi benalu yang hanya akan menyusahkan orang-orang di sekitar kita. Pada hakeketnya, untuk menjadi pribadi yangg unggul kita harus memiliki SDM yang unggul. Secara ideal SDM yg unggul itu adalah:
  1. Mampu untuk dipercaya(dalam bekerja & berkehidupan).
  2. Bermoral Tinggi/Bernilai luhur.
  3. Memiliki wawasan & pengetahuan yang luas.
  4. Berketrampilan tinggi.
Dan sekarang yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana cara kita untuk bisa menjadi pribadi yang unggul itu????
Yang harus kita lakukan pertama adalah kita harus “kenal diri” kita. Karena tanpa kita mengenal siapa diri kita, kita takkan pernah
tau kemampuan yang ada pada diri kita. Kita takkan pernah tahu kelebihan apa yang kita miliki, karena sesungguhnya setiap manusia diciptakan dengan memiliki kelebihan masing-masing. Ketika seorang manusia mampu mengenal dirinya secara baik, maka berbagai manfaat dapat di ambil,diantaranya:
  1. Meningkatkan harga diri (self esteem),dengan kata lain dapat bersikap baik dan positif pada diri sendiri.
  2. Mudah untuk menerima dan mengembangkan potensi dalam diri dengan sebaik mungkin.
  3. Bisa berdamai/mensyukuri terhadap diri sendiri.
  4. Dapat memahami peran di masyarakat.
  5. Menjadikan hubungan lebih baik dengan orang lain.
Dengan demikian ketika kita mampu untuk mengenal diri kita, Selanjutnya kita bisa berkarir di jalur yang sesuai dengan diri kita, dan karena adanya keselarasan antara self dan activities, maka keharmonisan akan tercipta dan akan membuat kita berprestasi lebih baik. Maka disini jalan kita untuk menjadi pribadi yang unggul semakin terbuka.
Kedua, Salah satu kunci untuk menjadi pribadi yang unggul adalah kemampuan untuk menggenggam waktu. Keunggulan itu sangat dekat dengan orang yang paling efektif dalam memanfaatkan waktunya. Kunci keberhasilan dan keunggulan seseorang itu terletak pada bagaimana dia mampu memanfaatkan waktu secara lebih baik daripada yang dimanfaatkan orang lain. Oleh karena itu manfaatkan waktu kita dengan sebaik-baiknya, jangan di sia-siakan!. Kita isi dengan hal-hal positif yang bisa membangun diri kita. Jika kita mampu untuk menerapkan semua itu, mampu untuk melakukannya, maka kwalitas diri kita akan timbul dan disinilah kita menjadi pribadi yang unggul.

Muhamad Abduh

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 Comments: