KONSEP PEMASARAN ONLINE ( ONLINE MARKETING)
1. Pengertian Pemasaran Online
Online marketing adalah segala usaha yang dilakukan untuk melakukan pemasaran suatu produk atau jasa melalui atau menggunakan media internet atau jariangan www (World Wide Web).
2. Komponen Pemasaran Online
Berikut ini akan disajikan beberapa jenis / macam online marketing :
a. E-mail marketing dan sales letter.
Pemasaran melalui email dan surat penawaran atau sales letter saat ini menjadi andalan para marketer kelas dunia dalam memasarkan produk produknya secara online di internet. Bagaimana email dan salesletter ini bekerja? Anda pasti pernah menerima email yang berisi uraian, cerita, ajakan dan apapun yang akhirnya menuju ke sebuah atau beberapa link untuk dikunjungi bukan. Itulah email marketing. Cara kerjanya adalah mengirim email kepada seseorang atau beberapa orang secara masal yang berisi hal hal di atas dan pada akhirnya menuju ke satu arah yakni 'penjualan'. Email adalah media dan sales letter adalah isinya.
b. Website.
Perkembangan teknologi Informasi dewasa ini mengakibatkan perubahan besar terhadap pemasaran. Website merupakan media promosi yang paling populer. Website adalah kumpulan halaman yang saling berkait satu dengan yang lain.
c. Video marketing
Mendapatkan pengunjung dengan menggunakan video sebagai media marketing adalah salah satu yang terbaik saat ini. Buatlah video dan unggah (upload) ke situs situs video sharing terkenal seperti Youtube dan lain sebagainya. Bagaimana video marketing bekerja?. Video yang diunggah adalah bersifat publik (Youtube) yang artinya siapa saja dapat mengaksesnya.
d. Social media marketing
Seperti kita ketahui pengguna social media seperti facebook, twitter, dan BBM begitu banyak jauh diatas melampui media media lain di internet. Oleh karena itu pula social media khususnya facebook dan twitter menjadi media internet marketing yang paling baik. Bagaimana ini bekerja? mudah saja. Misal Anda mempunyai 1000 teman di facebook itu artinya ada 1000 orang yang akan melihat update Anda. Apa artinya ini, artinya jika 10 % saja mengklik link yang disertakan di update status Anda maka itu adalah 100 pengunjung.
e. Partnership / Affiliate Marketing (pemasaran metode afiliasi).
Jenis internet marketing ini adalah dengan cara memanfaatkan para pengiklan. Para pengiklan yang menjual produknya dengan cara online bisa membangun jaringan afiliasi. Jaringan afiliasi adalah dengan melibatkan orang lain dalam penjualan produk yang ada.
f. Search Engine Marketing (pemasaran menggunakan mesin pencari).
Jenis pemasaran ini melalui search engine seperti Google dan Yahoo. Sebaian besar orang yang tidak tahu di mana harus mencari dan mendapatkan informasi yang mereka inginkan biasanya mereka mencarinya di situs mesin pencari itu (Google atau Yahoo). Maka dari itu, jika perusahaan anda / usaha anda belum dikenali publik atau bahkan sudah dikenali banyak orang, cara paling istimewa dan spektakuler yang sebaiknya Anda lakukan yaitu berusaha untuk mendapat tempat teratas pada mesin pencari (Google atau Yahoo). Setidaknya pada halaman pertama di mesin pencari. Sesuatu hal yang sangat penting bagi Anda untuk memastikan bahwa situs Anda terdaftar dan terlampir dalam mesin pencari terkenal seperti google atau yahoo.
3. Keuntungan dan Kekurangan Pemasaran Online
a. Keuntungan / Kelebihan: Organisasi lebih mudah dan sederhana, kemudahan mengelola barang, pelayanan lebih fokus, biaya pemasaran lebih murah dan tidak terbatas ruang dan waktu
b. Kekurangan : Kepercayaan masih sangat rendah karena tidak dapat melihat barang/menyentuh barang secara langsung, Ketergantungan pada teknologi, Isu keamanan dan privasi, Akses teknologi yang belum merata, Transparansi harga, sehingga berakibat meningkatnya kompetisi harga, Kompetisi global.
0 Comments: